Friday, December 17, 2010

mengkudu

dibelakang rumah secara ngga sengaja tumbuh pohon mengkudu dengan suburnya. siapa yang nanem, entah. mungkin codot. soalnya halaman belakang tempat codot banyak lalu lalang. jadi kalau malem-malem sering bunyi barang jatuh di tanah, itu pasti codot yang ngebuang sisa makanannya. begitu pagi, udah banyak sisa buah berserakan. macem-macem mangga sama jambu.

trus, iseng pengen tau aja, ada ngga ya manfaat dari mengkudu ini. tanya-tanya deh ke om google. info-nya banyak banget, kebanyakan sih jualan. jadinya tau deh, kalau produk-produk import yang sering didenger itu juga hasil olahan mengkudu ini, hanya saja itu barang import, harganya bisa sampe 1 juta lebih sebotolnya.

dan ada artikel menarik disini, yang mengatakan, banyak produk olahannya yang berupa jus itu merupakan produk fermentasi, dan kadar alkoholnya ada yang bisa sampai 20% ... mantab!

trus kalo yang punya buahnya aja gimana manfaatinnya ? katanya bau ? rasanya ngga enak. kalau dari yang didapat, katanya tinggal pilih buah yang udah agak lembek (lunak), cuci yang bersih, trus di blender atau di jus. ambil sarinya. minum, gitu.

ada yang bilang hati-hati dengan kulitnya, suka ada yang berjamur dan cukup berbahaya. jadi bersihkan secukupnya, jangan sampai dikupas, karena ada yang bilang lagi justru manfaatnya banyak terdapat di kulitnya itu.

katanya-katanya-katanya ... buktikan dong!

No comments: