Sunday, November 21, 2010

My Protection for computer

ada temen yang rada kewalahan menangani cacing2 yang menginfeksi netbook-nya. komputer kok cacingan ?

kalau mau nyaman sih memang mending format ulang aja. trus kasih proteksi yang memadai.

karena saya sendiri punya pengalaman tentang infeksi macam gini. cuman jadinya belajar juga untuk lebih berhati-hati.

kalau saya serangan itu datengnya dari website-website terlarang, seperti situs yang menyediakan crack, yang mana terkadang mereka memasang iklan situs dewasa yang pop-up, yang juga sarat dengan serangan-serangan. jadi memang kedua jenis situs ini sebaiknya dihindari.

tapi kalau terpaksa bagaimana ?(masuk situs dewasa kok terpaksa?!?). kalau saya pilihan solusinya:
1. pake komputer yang lain, yang memang untuk oprek2 ... bila ada.
2. pake peramban (web browser) yang portable, jadi ngga lari kemana-mana virusnya.
3. pake virtual komputer, OS didalam OS, pilihannya Virtual Box atau VMware
4. pake linux portable yang bisa dijalankan dari dalam OS Windows

kalau saya pribadi pilihannya pake yang nomer 3 (VitualBox). memang memakan banyak sumber daya, tapi ngga pusing sama virus. kalo dah parah, tinggal pake backup HDD-nya yang masih bersih.

lalu untuk hari-hari apa yang saya pake sebagai penangkal standar virus ? pilihannya ada 3:
1. avg antivirus
2. avira
3. avast

antara ketiga ini kalau saya bosen saya ganti, enak kan ?

untuk tambahan scanner untuk worm2 yang bandel, saya biasanya pake Malwarebyte's Anti-Malware (MBAM) atau SMADAV. keduanya tersedia dalam bentuk portable, jadi ngga perlu install yang bisa bikin kompie makin lambat. kalau muncul kecurigaan setelah memasuki situs red light, scan menyeluruh atau hasil downloadnya.

nah, kalau kompie-nya masih kenceng dan merasa perlu banget proteksi lebih, dulu saya install
1. comodo firewall
2. spybot
3. SpywareBlaster

kalau yang pertama itu fungsinya sebagai firewall, jadi data yang keluar atau masuk yang tidak biasa bisa terdeteksi. begitu juga perubahan registry, atau settingan penting di kompie.

kalau yang kedua itu fungsinya kurang lebih sama sepeti MBAM, tapi dia berjalan resident (always on) di kompie.

kalau yang ketiga itu, pilihan lain selain yang nomer 2.

tetapi selama saya menggunakan windows 7 dan virtual box, sampai saat ini semua baik2 saja.

No comments: