Thursday, December 3, 2009

Vista Tweaking

hasrat gw untuk nge-tweak windows atau suatu OS memang luar biasa. walaupun badan lelah, ngantuk, kurang tidur, tetep aja gw jawabanin untuk ngoprek tuh OS walau cuman 15 - 20 menit.

jadi ceritanya ada laptop nganggur. speknya lumayan, AMD turion 64 X2. HP Pavilion tx2000, bisa jadi tablet. ada windows bawaan vista ori yang nyatu sama HDD nya, jadi kalau mau install ulang tinggal pencet enter 5-6 kali dia keinstall.

cuman ada beberapa masalah yang cukup krusial yang menghalangi gw untuk menikmati maksimalnya kerja laptop itu.

1. settingan performance dari laptopnya sudah ngga bisa "High Performance" lagi, cuma bisa milih settingan paling rendah. soalnya, seperti yang juga gw baca di semua forum HP pavilion tx 2000, ternyata nih laptop masalah sama panas yang dihasilkan sama mesinnya. entah itu processornya, vga-nya, atau apa. entah. tapi yang pasti, dari 2 laptop yang sama jenis yang dibeli ini, dua-duanya mengalami masalah yang sama. dan biaya perbaikannya lebih dari cukup untuk beli wakatobi mini keluaran zyrex.

2. OS bawaanya adalah vista, yang adalah produk gagal keluaran microsoft, entah karena secara seri ini adalah seri ke "6", which is not good as the chinesse said. secara performa, sangat-sangat haus resource.

kombinasi dari keduanya, menyebabkan laptop yang seharusnya diatas pentium core2 ini jadi dibawah pentium 2. padahal kalau ngeliat, fisiknya, fasilitasnya, nih laptop oke abis. keyboardnya sangat enak. pointing device-nya nyaman, ada scroll naik-turunnya. speakernya altec-lansing. ada dvd writernya. penampilannya elegan. wah sayang deh kalau cuman dijadiin maenan. tapi gimana dong, mau dipake kerja tp lelet. masalah juga tuh...

tp ngga papa deh, secara lagi butuh juga. kita coba aja dulu sekalian berkenalan dengan Vista. belum pernah gw sebelumnya pake vista, mulai dari heboh muncul dulu sampe sekarang udah muncul versi 7 nya.

setelah mulai terbiasa dengan fitur-fiturnya, ribetnya, lambatnya, mulai rada berani nih untuk utak-atik. langkah awal mencari program tweak. setelah coba yang free sampe yang berbayar (tp crack-an, third world country syndrom), hasilnya ngga memuaskan. cuma bersihin registrynya aja. dan itu jg ngga begitu berasa.

trus coba ikutin tips n trik yang banyak didapat di google. wah ternyata hasilnya tokcer tuh. sangat berasa banget setelah men-disable fitur aero glass, yang membuat tampilan vista mempesona. begitu di-disable ... langsung tampilan berubah jadi semi 98 - xp. pinggiran gui jadi tajem, warna abu2 tua. tapi yang sangat-sangat bikin hepi adalah, kinerjanya melesat jauh. padahal settingan pakenya yang "Power Saver". ini adalah pilihan yang sangat meng-orbankan performa turion 64 x2 nya.

trus ditambah lagi dengan pendis-able-an beberapa fitur dari "Services.msc" yang ngga kepake. jadinya sekarang puas deh dengan kinerja vistanya.

Begitu juga dengan Office 2007-nya, yang gratis original. sebelumnya rada keder juga kalo lagi make office 2007 ditempat orang lain, beda banget penempatan fasilitasnya sama yang 2003. setelah 1 bulan make 2007 .. yah lumayan lah ... ngga katro-katro amat.

blum lagi, baru kali ini juga make yang namanya tablet. alias touch screen. pake stylus, yang tadinya menurut gw ribet pemakaiannya ternyata ngga sama sekali. alias alusss banget kalo dipake buat nulis. (katrok-nya gw ....) jadi deh tuh note jadi ajang curhat. mana dah lama ngga pernah nulis lagi. jadi nostalgia, dan berandai-andai dulu waktu sekolah dan kuliah dah pake ginian, pasti deh .... sekolahnya lebih lama lagi, ... betah sih!

dan lagi ditambah hobi koleksi program-program kecil yang membantu dalam penggunaan windows jadi lebih praktis, macam "mouse extender", "dopus", "note++", "sync toys", "Synergy", yang jadinya setiap buka nih laptop pengennya memanfaatkan semua kemudahan tersebut ... ribet ya ??? gpp tapi tetep asik kok ....

No comments: